Mendulang Kesuksesan dari Membuat Website E-commerce



Bila kita mundur beberapa tahun ke belakang, banyak sekali orang yang membuat blog atau website untuk kebutuhan pribadi. Namun saat ini, blog dan website lebih difungsikan menjadi tempat mendulang uang. Salah satunya yaitu membuat website untuk online shop.

Beberapa layanan e-commerce besar di Indonesia seperti Tokopedia dan Bukalapak telah menjadi sasaran bagi sebagian besar para pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Caranya bahkan mudah, cukup daftar, lalu bisa memasarkan produknya. Namun, banyak juga orang yang berusaha untuk membuat website khusus online shop agar lebih terlihat eksklusif.

Salah satu faktor mengapa semakin menggeliatnya usaha di toko online, yaitu kemudahan bertransaksi tanpa harus keluar rumah. Cukup bermodalkan laptop/smartphone yang terhubung ke Internet, kini Anda bisa membeli aneka produk dengan cepat bukan? Pada dasarnya, dimana ada permintaan, disitu akan ada penawaran.

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika membuat sebuah website online shop.

1. Nama Toko

Biasanya nama sebuah website itu menceritakan isi dari website tersebut.

Coba Anda pikirkan, nama toko yang unik namun sangat mudah untuk diingat oleh pelanggan Anda nantinya. Contohnya seperti Bukalapak, semua orang pasti akan sangat mudah mengingatnya karena itu merupakan kata yang sering disebutkan oleh para pelaku bisnis. Anda juga bisa menggunakan kata yang unik namun mudah dilafalkan, seperti Zalora salah satunya, mudah bukan?

2. Platform

Saat ini, kebanyakan orang-orang menggunakan Blogger atau WordPress untuk membuat laman website

Membuat website untuk online shop sebenarnya tidak terlalu sulit, banyak platform yang menyediakan berbagai kemudahan untuk membangun website. Blogger dan WordPress adalah platform yang paling umum digunakan oleh orang-orang. Anda juga bisa memanfaatkan website builder seperti Wix dan Weebly yang tidak perlu keahlian perkodean, cukup drag & drop saja. Kini Anda tinggal pilih mana yang kira-kira cocok untuk diterapkan bagi online shop Anda.

3. Domain dan hosting

Memiliki Top Level Domain (TLD) membuat website Anda terlihat lebih profesional dibanding yang masih gratisan

Domain sebenarnya diberikan gratis oleh platform, namun terkadang cukup merepotkan bagi pelanggan harus mengetik yang terlalu panjang. Misal blog ini, lukinvor.blogspot.co.id. Panjang kan? Tentu Anda juga lebih mengharapkan untuk menggunakan domain yang mudah, misal menjadi lukinvor.com, sehingga akan lebih mudah untuk dicari dan tampak profesional.

Anda tidak perlu khawatir untuk mencari domain murah dan pelayanan memiliki pelayanan cepat 24/7. Exabytes contohnya, penyedia layanan web hosting Indonesia ini memiliki harga domain murah dan Anda bisa mendapatkan DNS Management + Whois ID Protection secara gratis tanpa biaya tambahan.

Jika Anda memang ingin membuat website online shop dengan web hosting Indonesia yang terjangkau, disini juga tersedia paket web hosting dengan kapasitas yang besar dan tentunya cocok untuk UMKM misalnya. Dan yang paling penting, Anda bisa mendapatkan SSL gratis untuk redirect ke HTTPS, untuk memberikan rasa aman bagi pelanggan Anda nantinya, tentunya membuat lapak Anda menjadi lebih dipercaya.


Minimal ketiga langkah cara membuat website online shop tersebut sudah Anda lakukan, kini Anda tinggal melakukan promosi. Promosi pun bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu promosi gratis dan berbayar.

Promosi gratis bisa Anda manfaatkan melalui media sosial yang Anda miliki, seperti Facebook atau Instagram. Sedangkan jika berbayar, Anda bisa memanfaatkan Google Adsense atau Facebook Ads yang tentunya memiliki target yang lebih jelas terhadap produk yang dijual.

Jika Anda sudah melakukan semua hal tersebut, mulai dari membuat website sampai ke promosi, niscaya produk yang Anda jual akan semakin mudah terjaring oleh calon pelanggan Anda. Yang terpenting, jangan sampai patah arang. Selamat berjualan dan semoga sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar