Menikmati Indahnya Potala Palace Istana Tertinggi di Dunia



Bagi penganut Budha, Potala Palace adalah salah satu tempat bersejarah dimana Anda beribadah di tempat tertinggi di dunia. Sama seperti Borobudur, Potala Palace merupakan tempat yang istimewa, lebih mendekatkan diri kepada dewa-dewa demi kesempurnaan dalam beribadah. Memiliki tinggi sekitar 170 meter, Potala Palace adalah bangunan monumental terbesar yang berada di Tibet.

Potala Palace telah berdiri selama berabad-abad lamanya. Tempat ini merupakan sebuah bukti nyata bagi seluruh dunia bahwa bangunan yang terletak di ketinggian 3.750 meter dengan luas lebih dari 13 hektar mampu dibuat dengan tangan manusia sendiri. Potala Palace menjadi rumah ibadah utama bagi masyarakat Tibet terhadap keyakinannya.

Banyak sekali peziarah dari seluruh dunia selalu datang di setiap tahunnya untuk memberikan penghormatan terhadap simbol dari Tibet tersebut. Bisa dibilang tempat ini adalah salah satu keajaiban dunia dari struktur fisik yang sangat kokoh berada di puncak gunung. Potala Palace tentunya menjadi tempat yang sangat dikagumi oleh siapa saja yang mengunjungi tempat ini.

Red Palace

Red Palace sebagai tempat untuk belajar mengenai Buddhisme

Jika diperhatikan lebih teliti, Potala Palace terdiri dari dua tempat yang berbeda, bangunan berwarna merah dan berwarna putih. Red Palace adalah bangunan yang memiliki letak paling tinggi jika dibandingkan dua istana berwarna putih yang berada di samping kiri dan kanannya. Red Palace digunakan sebagai rumah doa oleh Dalai Lama. Bagian dari Potala Palace ini didedikasikan untuk mempelajari Buddhisme dan kemajuan agama tersebut. Di dalam Red Palace Anda bisa menemukan beberapa makam dari Dalai Lama.

White Palace

White Palace menjadi tempat bernaungnya Dalai Lama sejak dulu

White Palace adalah rumah bagi sepuluh generasi berturut-turut dari Dalai Lama dan juga tempat pengadilan untuk mereka. Di dalam White Palace ini, terdapat kantor pemerintahan Tibet dan beberapa kantor resmi lainnya. Sebenarnya, White Palace dibangun sebagai hadiah dari Raja Songtsen Gampo untuk pengantinnya di tahun 637, namun di abad kesembilan bangunan tersebut hancur. Lima Dalai Lama kembali membangun White Palace di tempat tersebut dengan ukuran yang lebih besar sebagai penghormatan.

Travel Tips

Patung emas yang selalu menjadi daya tarik pengunjung

Ada beberapa perihal yang perlu diperhatikan oleh Anda jika akan mengunjungi Potala Palace:

  • Rute perjalanan sangat diatur ketat. Semua pengunjung harus masuk dari pintu masuk utama yang berada di sebelah timur.
  • Waktu kunjungan terbatas dengan durasi 1 jam (peak season) atau 2 jam (low season).
  • Water closet yang berada di pintu belakang White Palace wajib dicoba.
  • Perhatikan setiap langkah karena Anda berada di ketinggian tinggi.


Notice

Salah satu tangga menuju White Palace

  • Setiap jenis cairan tidak boleh dibawa, termasuk air mineral. Lebih baik membelinya di atas bukit dengan harga CNY10.
  • Tas berisi oksigen dilarang.
  • Selalu aware terhadap tabu Buddhisme Tibet selama kunjungan. Jangan menggunakan topi dan kacamata hitam; tidak menginjak ambang pintu; tidak merokok di lorong-lorong; dan tidak mengambil foto di dalam istana, kecuali di luar ruangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar